Saturday, December 8, 2018

Jokotri Rela Dorong Gerobak Sambil Hujan-hujanan

Seorang ibu rumah tangga, Ida (24) warga Cimaung, Kelurahan Cisereuh, tampak sumringah sekaligus terkejut saat mendapati pria yang bernama lengkap Dr. H. Joko Trio Suroso itu basah kuyup usai mendorong gerobak hingga ke depan pintu rumahnya.

Ida barangkali merupakan satu dari sekian banyak ibu rumah tangga yang berkeinginan kuat untuk menjalankan sebuah usaha. Namun minimnya akses permodalan dan kurangnya keterampilan selalu menjadi kendala yang memaksanya untuk mengubur keinginan tersebut dalam-dalam.

Atas pertimbangan bahwa Ida berkeinginan kuat menjadi wirausahawan baru, Jokotri membantunya untuk menjalankan usaha bakso. Hal ini sejalan dengan visi Jokotri dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Alhamdulilah sore ini, walaupun harus hujan-hujanan, saya dapat kembali memberikan bantuan gerobak bakso untuk warga Purwakarta yakni Ibu Ida warga Cimaung. Mudah-mudahan ikhtiar memberdayakan UMKM ini dapat berjalan dengan baik, dan menjadi solusi nyata dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat," ujar Jokotri, Calon Anggota DPRD Jawa Barat dari PDI Perjuangan nomor urut 2 dengan tagline 'fokus bahagia-in kamu'.

Melalui bantuan usaha bakso yang diberikan Jokotri, penerima bantuan tinggal berjualan saja. Gerobak bersama seperangkat peralatan hingga pelatihan menyajikan bakso diberikan secara gratis.

"Terima kasih pak Jokotri atas bantuanya saya bisa menjalankan usaha bakso dan membantu perekonomian keluarga. Mudah-mudahan kebaikan pak Jokotri penuh berkah dan terlukis indah di sisi Allah. Dan semoga semua yang dicita-citakan untuk kemajuan masyarakat dapat tercapai," ujar Ida.

Langkah Jokotri meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM merupakan arus positif di tengah sentimen negatif masyarakat terhadap calon legislatif yang dinilai "hanya janji-janji semata".

Melalui langkahnya yang mencetak para wirausahawan baru, Jokotri telah membuktikan bahwa calon legislatif juga dapat berkontribusi nyata bagi masyarakat, tidak sekadar janji-janji belaka, meskipun belum duduk sebagai anggota dewan.

Dalam hal ini, upaya Jokotri tersebut sepatutnya menjadi contoh bagi calon legislatif yang lain untuk berlomba-lomba menebarkan kebaikan dan turut serta dalam menyelesaikan berbagai problem di masyarakat. [aga]

Sumber http://www.rmoljabar.com/read/2018/12/04/90515/Fokus-Bahagia-in-Kamu,-Jokotri-Rela-Dorong-Gerobak-Sambil-Hujan-Hujanan-