Thursday, November 15, 2018

Di Karawang, Jokotri mengembangkan usaha pedagang bakso

Caleg Dapil Jabar VII Partai Demokrasi Indonesia (PDI ) Perjuangan Dr. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA merupakan seorang Muslim kelahiran Bandung, tahun 1968. Biasa disapa Pak Jokotri. Kepeduliannya terhadap kesejateraan masyarakat meluncurkan program membantu pelaku usaha kecil dengan mengembangan usaha pedagang bakso yang berjualan di sekitar Stadion Singaperbangsa.  Pelaku usaha kecil mendapatkan bantuan gerobak serta modal usaha untuk berdagang serta pembinaan usaha.

Dalam sambutannya Jokotri mengatakan bahwa usaha memberikan bantuan gerobak adalah usaha mulia dari dirinya yang menginginkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Dia menegaskan bahwa gerobak adalah sarana untuk berusaha tetapi yang paling penting adalah kemauan dan ketekunan warga untuk belajar berusaha.
Jokotri  menegaskan bahwa berusaha (bisnis) sama dengan kita berlari menuju suatu garis finish yakni kesejahteraan yang ditandai semakin bagusnya income keluarga. Dalam berlari kadang kita capek dan ngos ngosan tapi tidak akan terasa apabila kita fokus mengejar masa depan untuk bisa sejahtera. "Begitu pula seseorang yang berusaha, hari ini pembeli banyak, besok besok kurang atau bahkan tidak ada," ujarnya.
Jokotri menambahkan dibutuhkan manajemen usaha yang baik. Dia mencontohkan omset dan keuntungan harus di bagi tiga. Pertama 50% diperuntukkan untuk penambahan modal usaha. Kedua 20% adalah cadangan resiko apabila ada masalah terhadap usaha. Ketiga, yang ketiga 30% barulah untuk biaya operasional, upah, bayar listrik, bayar PDAM dan mungkin untuk dinikmati oleh keluarga. Jadi keuntungan tidak langsung dinikmati, tetapi diatur sedemikian rupa sehingga ada ketahanan dalam berusaha.
“Bantuan gerobak bukan hanya berakhir dengan pemberian gerobak saja, tapi pembinaan usaha dan bimbingan usaha akan terus diberikan demi mendorong tumbuhnya pengusaha pengusaha kecil yang sukses,” ujar Joktri kepada awak media.
Pada saat yang sama, selain memberikan gerobak bagi pelaku UMKM. Jokotri pun memberikan santunan kepada anak yatim piatu serta makan bakso bersama di tempat angkringan Keday Kopi Setadion Singaperbangsa Karawang.
(Tulisan diambil dari https://sinfonews.com/kembangkan-wirausaha-jokotri-berbagi-gerobak-dan-santunan-di-kab-karawang/ )