Friday, December 28, 2018

Tukang Cuanki Ini Senang Karena Naik Level Jadi Tukang Bakso


Perasaan haru sekaligus senang dirasakan oleh Dian Nila Eliani (53) warga Sindangkasih dan Agus Gusnawan (52) warga Sindangsari, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Pada Sabtu (15/12/2018) sore, seorang Calon Anggota DPRD Jawa Barat Nomor Urut 2 Dari PDI Perjuangan, Joko Tri Suroso atau yang akrab disapa Jokotri memberikan mereka bantuan alat bantu berwira usaha (gerobak) termasuk bahan baku untuk berjualan bakso.

Agus Gusnawan mungkin bisa jadi yang paling senang saat diberikan gerobak bakso tersebut. Sudah puluhan tahun ia berjualan cuangki untuk menghidupi keluarganya. Rasa letih berjualan menggunakan pikulan untuk menjajakan cuangki, ia rasakan betul setiap harinya.

"Sehari jualan cuanki dipikul, bapak bisa berjalan sejauh 15 kilometer. Untungnya gak seberapa, tapi badan pegel kerasa soalnya bapak kan sudah tua. Jadi Alhamdulillah sekali, saya sekarang bisa jualan bakso pakai gerobak. Terima kasih pak Jokotri," ungkapnya.
Sementara itu, Dian juga mengungkapkan hal yang sama, ibu rumah tangga dengan empat orang anak tersebut, merasa terbantu dengan pemberian gerobak bakso.

"Dari dulu saya ingin jualan bakso. Tapi baru kesampaian sekarang. InsyaAllah bantuan ini bisa membantu ekonomi keluarga saya," kata Dian.

Sementara itu, Jokotri yang sejak pencalonannya berkomitmen untuk memberantas kemiskinan dengan cara memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yakin bahwa di Wilayah Karawang dan Purwakarta masih banyak warga yang ingin keluar dari jerat kemiskinan namun tak punya modal dan keahlian sama sekali.

"Saya lihat banyak warga yang ingin ekonominya lebih makmur dengan berwira usaha. Tapi sayangnya gak punya modal dan skill. Jadi saya kepikiran untuk membantu mereka dengan memberikan gerobak bakso, beserta alat-alatnya, bahan baku nya dan juga pelatihan usaha secara gratis," katanya.

Diketahui pria yang sehari-harinya bekerja sebagai dosen, pengusaha, konsultan dan pengacara itu sampai saat ini telah membagikan grobak sebanyak 10 buah kepada masyarakat Purwakarta dan Karawang. Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat keinginanya untuk memberikan 100 bantuan grobak untuk warga Purwakarta dan Karawang.***

SUMBER http://m.ayopurwakarta.com/read/20181216/122/2009/tukang-cuangki-ini-senag-karena-naik-level-jadi-tukang-bakso